Seminar Pembinaan Ibadah (SPI) 2017
STTRI bekerja sama dengan 5 gereja di 5 kota (GKY Palembang, GKKAI Denpasar, GMI Gloria Medan, GKI Sulsel Makassar, dan Gereja Kristen Protestan Jambi) mengadakan Seminar Pembinaan Ibadah (SPI) 2017. SPI 2017 ini diselenggarakan untuk mengajak anak-anak Tuhan kembali memikirkan landasan biblis dan praktis ibadah Kristen dengan serius. Apa artinya menjadi "penyembah-penyembah benar" (Yoh. 4:23)? Bagaimana menjadi pribadi-pribadi penyembah yang sejati/otentik? Selain itu, rangkaian seminar ini juga akan memperkenalkan sebuah program studi baru yang akan dibuka di STTRI mulai Juli 2017: Magister Teologi (M.Th.) Ibadah.

Pembicara:
Pdt. Budianto Lim, S.Kom., D.W.S. dan Ev. Lidya Siah, B.C.M., D.W.S.
(Dosen Teologi Ibadah STTRI)

Topik I: "Ibadah: Pertunjukan Agama atau Penunjukan Karya?"

Kekristenan sebagai agama tidak terlepas dari ritual yang disepakati penganutnya ketika berhimpun. Namun, tidak jarang semua aktivitas menjadi sebuah pertunjukan agama dan tidak mengubah si penyembah apalagi menghasilkan karya yang berdampak sosial. Apa saja indikator yang patut diwaspadai kalau ternyata ibadah gereja hanyalah pertunjukan agama? Apa yang perlu dilakukan supaya terjadi pembaharuan?

Sesi 1: Ibadah Pertunjukan atau Penunjukan (Pdt. Budianto Lim)
Sesi 2: Pembaruan Ibadah Gereja (Ev. Lidya Siah)

Jadwal dan Tempat:

Jumat, 3 Maret, pk. 18:00-21:15
GKY Jemaat Palembang
Jl. Krakatau no. 445/129
PALEMBANG

Sabtu, 4 Maret, pk. 18:00-21:15
GKKAI Jemaat Denpasar
Jl. Bedugul no. 49
DENPASAR

Sabtu, 11 Maret, pk. 18:30-21:00
GKI Sulsel
Jl. Samiun No. 17
MAKASSAR


Topik II: "Kesejatian Pribadi yang Menyembah"

Dalam pelaksanaan ibadah, orang Kristen sering menanyakan tentang 'boleh atau tidak boleh'. Isu yang sering ditanyakan adalah seputar nyanyian dan musik dengan segala genrenya. Ada yang menganggap mendengar khotbah sama dengan ibadah yang utuh. Apakah penyembahan kepada TUHAN hanya mencakup aspek yang kita sukai saja? Tindakan penyembahan kita tidak bisa dipisah dengan identitas sebagai pribadi yang menyembah. Berpautkah diri kita secara total pada TUHAN yang disembah?

Sesi 1: Ciri Pribadi yang Menyembah (Pdt. Budianto Lim) 75 menit
Sesi 2: Nyanyian dari Pribadi yang Menyembah (Ev. Lidya Siah)

Jadwal dan Tempat:

Senin, 6 Maret, pk. 18:30-21:00
GMI Jemaat Gloria
Jl. M. T. Haryono no. 38
MEDAN

Sabtu, 18 Maret, pk. 19:00-22:00
Gereja Kristen Protestan Jambi
Jl. Dr. Sutomo 48-51
JAMBI


PROFIL SINGKAT PEMBICARA:
Budianto Lim adalah seorang hamba Tuhan yang menggembalakan Gereja Presbyterian jemaat Indonesia di Singapura selama 12 tahun. Selain mengajar kuliah intensif liturgika, teologi, dan tradisi ibadah, beliau juga melatih liturgos dan pembaca Alkitab secara kreatif. Beliau juga pernah merevisi materi katekisasi sehingga berkorelasi dengan aspek ibadah dan membawakan berbagai pembinaan ibadah di Indonesia. Beliau menyelesaikan program studi M.Div. di Singapore Bible College (SBC), M.Th. (Perjanjian Lama) di Gordon Conwell Theological Seminary, dan D.W.S. (Doctor of Worship Studies) di Robert Webber Institute for Worship Studies. Beliau mendalami studi ibadah dengan kelimpahan aspeknya.

Lidya Siah adalah seorang hamba Tuhan yang berkecimpung dalam pelayanan pastoral lebih dari 20 tahun. Beliau membina pengurus komisi musik, merintis paduan suara, memimpin, dan membina kerohanian anggota paduan suara, melatih pemimpin paduan suara, pemusik, dan pemimpin pujian. Selain membawakan berbagai pembinaan ibadah, beliau juga seorang pencipta lagu rohani. Beban utama pelayanannya adalah mengajarkan teologi ibadah dan integrasinya dengan kehidupan kristiani. Beliau menyelesaikan program studi B.C.M. (Bachelor of Church Music) di Singapore Bible College (SBC) dan D.W.S. (Doctor of Worship Studies) di Robert Webber Institute for Worship Studies.

Mulai tahun 2017 ini keduanya akan bersama-sama dengan STTRI melayani gereja-gereja di Indonesia sebagai dosen teologi ibadah.
Hubungi Kami
Online via Yahoo!Messenger:


Offline dengan mengisi pesan di bawah ini:
Name
Phone
Email
Subject
Message
Captcha
Kontak Info
STT Reformed Indonesia (STTRI, dulu STTRII)
Jl. Kemang Utara IX/10, Warung Buncit
Jakarta Selatan, 12760
(Peta lokasi bisa dilihat/diunduh di sini.)
Telp
:
(021) 7982819, 7990357
Fax
:
(021) 7987437
Email
:
reformed@idola.net.id
Website
:
www.reformedindonesia.ac.id
www.KonselingKristen.org

Bank
:
CIMB Niaga (Cabang Kemang)
No. Acc.
:
800073329000 (Rp.)
253.02.00081.001 (USD)
A/n
:
Yayasan Lembaga Reformed Indonesia
COPYRIGHT 2013 STT Reformed Indonesia. ALL RIGHTS RESERVED. Developed by Aqua-Genesis Web Development and Design