Magister Teologi (M.Th.) Konsentrasi Teologi Integratif
Program studi M.Th. Teologi Integratif ini adalah program studi yang secara khusus dirancang bagi individu-individu yang ingin diperlengkapi untuk menggembalakan jemaat di gereja atau melayani di tengah masyarakat melalui pola pemikiran yang analitis dan integratif. Pada dasarnya, program studi ini diperkuat untuk memperlengkapi mahasiswa dengan pengetahuan teologi dan Alkitab khususnya aspek integratif antara teologi dengan disiplin ilmu lain yang diperlukan dalam pelayanan di gereja dan masyarakat.

Status:
Terakreditasi oleh BAN-PT dan ATESEA (Association for Theological Education in South East Asia)

Objektif Program Studi
Program M.Th. Teologi STTRI adalah sebuah program studi bergelar yang dirancang untuk memperlengkapi pemimpin-pemimpin Kristen dalam area-area spesialisasi teologi (Biblika, Sistematika, Filsafat, dan Historika). Kurikulum program ini memberi kesempatan untuk setiap mahasiswa untuk mendalami area spesialisasi teologi yang diminati sekaligus pengenalan atas area spesialisasi yang lain secara komprehensif. Selain itu, program ini juga mempersiapkan setiap mahasiswa untuk studi lanjut doktoral.Kini para hamba Tuhan (dengan latar belakang M.Div.) dapat mengenyam studi teologi lanjutan yang bermutu tanpa harus meninggalkan ladang pelayanan, karena dengan menerapkan modul studi intensif dan mandiri, program ini memberi kesempatan dan fleksibilitas yang mereka perlukan.

Beberapa kompetensi dasar yang ditekankan di dalam program studi ini meliputi:
1. Kemampuan berpikir teologis secara integratif dan sintetikal
2. Keterampilan mengkomunikasikan kebenaran yang membuka wawasan baru
3. Keterampilan menghadirkan kebenaran yang memerdekakan manusia dalam konteks hidup sehari-hari.

Kualifikasi Pendaftar
Program studi ini terbuka bagi mereka yang telah menyelesaikan jenjang pendidikan S1 umum, S.Th., atau M.Div. dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimum 3,00.

Persyaratan Kelulusan
Persyaratan kelulusan bagi program M.Th.
Sistematika adalah sebagai berikut:
1. Menyelesaikan 126 SKS (sudah termasuk 6 SKS Tesis dan 6 SKS Praktik Pelayanan) bagi S1 umum, 50 SKS bagi S.Th. (sudah termasuk 6 SKS Tesis), atau 30 SKS (sudah termasuk 6 SKS Tesis) bagi M.Div.
2. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,00
3. Lulus Ujian Tesis di akhir masa perkuliahan

Masa Studi
Masa Studi
Perkuliahan ini dapat diselesaikan dalam waktu 2 tahun (4 semester) bagi lulusan Sarjana Teologi (S.Th.) atau yang memiliki ijazah lulusan teologi lainnya seperti M.Div atau M.A. atau M.T.S. atau selambat-lambatnya 5 tahun (10 semester) bagi lulusan S1 Umum.

Setiap mahasiswa yang tidak dapat menyelesaikan studinya dalam kurun waktu yang ditentukan wajib memberikan keterangan alasan keterlambatan untuk pertimbangan kelanjutan statusnya. Batas waktu maksimum untuk menyelesaikan tesis adalah 1 tahun akademik. Jika mahasiswa tidak dapat menyelesaikan tesis dalam kurun waktu ini, mahasiswa diwajibkan menyerahkan surat permohonan untuk memperpanjang masa penulisan tesisnya.

Mata Kuliah Matrikulasi
Mahasiswa lulusan S1 Umum diharuskan mengambil perkuliahan Matrikulasi selama 2 semester. Mahasiswa transfer atau yang berasal dari STT lain, setelah lulus dari ujian saringan masuk, diwajibkan mengambil sejumlah mata kuliah matrikulasi. Transfer atau penyesuaian mata kuliah akan dipertimbangkan secara kasus-per-kasus.

Mata Kuliah Inti
Kelas Reguler wajib diambil oleh mahasiswa M.Th. yang berlatar belakang pendidikan S1 umum dan S.Th. Kelas-kelas reguler ini diselenggarakan untuk memperlengkapi mahasiswa dengan kerangka pikir teologi yang integratif dan holistik, serta memperkaya wawasan dan memperlengkapi mahasiswa dengan pengenalan terhadap teologi lanjutan.

Mata Kuliah Wajib & Pilihan Pendengar
Kemajuan dan perubahan zaman yang begitu pesat menuntut pertanggungjawaban studi yang tinggi dan kurikulum yang terbuka dan fleksibel. Itu sebabnya STTRI menyediakan mata kuliah-mata kuliah yang dapat diambil sebagai pendengar. STTRI berupaya menjaga kualitas perkuliahan tanpa mengabaikan kesinambungan dengan standar dari pemerintah Indonesia. Mata kuliah-mata kuliah dengan topik-topik khusus yang diajar oleh para dosen tetap atau dosen tamu, baik dari dalam maupun luar negeri, yang merupakan pakar di bidangnya tetap diberikan. Perkuliahan intensif diposisikan bukan lagi sebagai kredit tetapi sebagai audit demi bersinergi dengan standar pendidikan nasional.
Dengan demikian mahasiswa tetap bisa diperlengkapi dengan wawasan studi yang up-to-date sesuai dengan kebutuhan dan pergumulan kontemporer. Mata kuliah-mata kuliah intensif bersifat terbuka untuk umum dan merupakan bagian dari wujud nyata pengabdian dan pelayanan STTRI kepada gereja-gereja dan masyarakat.

Studi mandiri
Studi mandiri dirancang untuk membantu mahasiswa berhasil dalam penulisan tesis. Studi mandiri dalam konsentrasi Teologi Integratif dinamai "Advanced Integrative Theology 1, 2 dan 3" dilaksanakan di bawah bimbingan dosen sesuai bidang yang diminati. Studi mandiri ini baru bisa diambil setelah mahasiswa lulus kuliah Metode Riset Lanjutan yang fokusnya adalah membimbing mahasiswa menulis proposal tesis.

Proposal dan Tesis
Penulisan Tesis adalah tahap akhir studi yang menuntut mahasiswa untuk mendemonstrasikan penguasaan teologi serta kemampuan berpikir teologis secara integratif dan sintetikal dalam bentuk penulisan karya teologi yang berkualitas, sesuai dengan jenjangnya.

Distribusi Mata Kuliah


Program studi M.Th. Teologi Integratif ini adalah program studi yang secara khusus dirancang bagi individu-individu yang ingin diperlengkapi untuk menggembalakan jemaat di gereja atau melayani di tengah masyarakat melalui pola pemikiran yang analitis dan integratif. Pada dasarnya, program studi ini diperkuat untuk memperlengkapi mahasiswa dengan pengetahuan teologi dan Alkitab khususnya aspek integratif antara teologi dengan disiplin ilmu lain yang diperlukan dalam pelayanan di gereja dan masyarakat.

Status:
Terakreditasi oleh BAN-PT dan ATESEA (Association for Theological Education in South East Asia)

Objektif Program Studi
Program M.Th. Teologi STTRI adalah sebuah program studi bergelar yang dirancang untuk memperlengkapi pemimpin-pemimpin Kristen dalam area-area spesialisasi teologi (Biblika, Sistematika, Filsafat, dan Historika). Kurikulum program ini memberi kesempatan untuk setiap mahasiswa untuk mendalami area spesialisasi teologi yang diminati sekaligus pengenalan atas area spesialisasi yang lain secara komprehensif. Selain itu, program ini juga mempersiapkan setiap mahasiswa untuk studi lanjut doktoral.
Hubungi Kami
Via WhatsApp: 0877.5577.3580


Offline dengan mengisi pesan di bawah ini:
Name
Phone
Email
Subject
Message
Kontak Info
STT Reformed Indonesia (STTRI, dulu STTRII)
Jl. Kemang Utara 9 no. 10
(masuk lewat jl. Kemang Utara 10)
Jakarta Selatan 12760
(Peta lokasi bisa dilihat/diunduh di sini.)
Telp
:
(021) 7982819, 7990357
WhatsApp
:
(+62) 877-5577-3580
Fax
:
(021) 7987437
Email
:
administrasi1@reformedindonesia.ac.id
Website
:
www.reformedindonesia.ac.id
www.KonselingKristen.org

Bank
:
CIMB Niaga (Cabang Kemang)
No. Acc.
:
800073329000 (Rp.)
253.02.00081.001 (USD)
A/n
:
Yayasan Lembaga Reformed Indonesia
COPYRIGHT © 2013 STT Reformed Indonesia. ALL RIGHTS RESERVED. Developed by Aqua-Genesis Web Development and Design